Fokus NewsRegionalPMII Tegal Gelar Seminar Deradikalisasi

PMII Tegal Gelar Seminar Deradikalisasi

SLAWI, (Fokuspantura.com),- Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Tegal Kamis (30/8) menggelar  Seminar Deradikalisasi Satu Barisan dan Satu Cita, Kamis(30/8/2018) di gedung Muslimat NU Slawi.

Kegiatan tersebut mengusung tema “ Melihat Keberagaman Dalam Bingkai NKRI” dengan  menghadirkan tiga nara sumber sekaligus yakni perwakilan MUI Kabupaten Tegal, Saefudin, FKDN Tri Wiharjo dan H. Maryoto mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal.

Gelaran acara itu, diikuti  perwakilan organisasi kemahasiswaan, organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat (Ormas), sejumlah perwakilan organisasi hadir:  BEM, IPNU, IPPNU, IPM, Fatayat NU dan sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya.

Ketua PC PMII Tegal M. Fajar Sidiq, mengungkapkan, seminar ini dimaksudkan untuk mengajak warga bangsa agar senantiasa setia dan menjunjung tinggi ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta.

“Untuk mewujudkan itu semua saya mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya yang hadir dikegiatan seminar ini untuk senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan NKRI,” ujar Fajar

Ia mengajak seluruh warga bangsa untuk senantiasa berpegang teguh dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara serta tetap menjadikan Pancasila sebagai ideologi serta pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara, termasuk menjadikan UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta tetap terpeliharanya semangat Bhinneka Tunggal Ika ditengah masyarakat yang sangat majemuk.

Sebagai warga negara yang baik, kata Fajar, masyarakat harus tetap berkomitmen menjaga perdamaian dan keharmonisan antar umat beragama di Kabupaten Tegal. Disamping tetap bersama – sama memperkuat semangat kerukunan umat bergama dengan selalu berpegang teguh pada jiwa toleransi saling menghormati dan menghargai.

“Saya mengajak masyarakat untuk secara bersama mewujudkan kehidupan keberagamaan yang penuh dengan kerukunan dalam bingkai NKRI berdasar Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika,” ajak Fajar

Dibagian lain, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran paham radikalisme, aksi terorisme dan menolak ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan  UUD 1945 Serta menolak dengan tegas berkembangnya paham yang bersifat radikal dan intoleransi serta mengutuk keras gerakan terorisme dengan segala bentuk dan sifatnya.

“Kami bersama kekuatan lini, mendukung penuh langkah pemerintah, TNI, Polri serta seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam memerangi terosisme di Indonesia,”  imbuhnya.

Seminar ditutup dengan deklarasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Tegal bersama seluruh elemen organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan lainnya. Deklarasi berisikan pernyataan sikap kesetiaan pada  Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal IKa serta menolak keras segala bentuk aksi teror dan sikap radikalisme.

ads

Baca Juga
Related

Lelah, Dua Hari Dua Malam Kerja KPPS Belum Rampung

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang digelar...

Rohmin Dahuri; Indonesia Produsen Rumput Laut Terbesar di Dunia

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Bidang...

Kecamatan Widasari Raih Juara Umum MTQ ke 53 Kabupaten Indramayu

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu kembali menoreh prestasi...

BKD Indramayu Gelar Lelang Belasan Mobil Dinas

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Badan Keuangan Daerah(BKD) Kabupaten Indramayu, menggelar lelang terbuka...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu