Satlantas Kuningan Gelar Operasi Zebra Lodaya 2018

Satlantas Kuningan Gelar Operasi Zebra Lodaya 2018

KUNINGAN,(Fokuspantura.com),- Jajaran Satuan Lalu Lintas ((Satlantas) Polres Kuningan, Jawa Barat, menggelar Operasi Zebra Lodaya tahun 2018.Minggu,(4/11/2018). Pelaksanaan yang berlangsung di jalur Kuningan - Cirebon persis di kawasan Taman Cirendang tersebut, sontak membuat kaget sejumlah pengendara yang diberhentikan petugas. Sedikitnya 20 petugas disiagakan.

"Sebelumnya saya kaget,  namun pas di stop polisi dan tahu bahwa ini kegiatan operasi zebra. Saya pasrah untuk diperiksa kelengkapan surat kendaraan," kata Jejen salah seorang pengendara roda dua yang lengkap surat kendaraannya,  usai di periksa petugas Polantas.

Pantauan dilokasi,  kendaraan roda dua maupun empat,  tidak serta melaju begitu saja. Pasalnya,  masing - masing petugas yang tersebar di sepanjang jalur tersebut,  melakukan pengecekan pengendara dan kendaraan.

"Pemberhentian pengendara tentu sesuai kasat mata dan yang mencurigakan.  Nah,  kita dari situ tindak dan berhentikan laju kendaraan mereka untuk wajib diperiksa, " ungkap Kasatlantas Polres Kuningan AKP M.  Duhri melalui Kanit Regident IPDA Riki di dampingi Kanit Turjawali IPDA MH.  Kusumah. 

Dominan pelanggaran,  kata Riki,  itu seperti tak menggunakan helm sebagai alat pengaman kepala dan ketidaklengkapan surat kendara saat berkendara.

"Ini operasi yang dominan terhadap tindakan.  Beda halnya dengan operasi lilin dan ketupat,  yang mengedepankan pelayanan atau kemanusian, " kata Riki.

Disinggunh soal pelanggar, kata Riki,  petugas memberikan surat tilang yang akan dilanjutkan ke persidangan dengan waktu selama 14 hari kemudian.

" Batasan 14 hari,  si pelanggar yang berkendara tadi harus ikut sidang di pengadilan negeri.  Adapun untuk pembayaran denda itu ditentukan dengan pasal yang di langgarnya.  Jadi pelangarn ringan dan berat tentu beda pembayarannya, " kata Riki.

Riki menambahkan,  untuk kegiatan operasi zebra ini dilakukan dengan titik yang tersebar di wilayah hukum Kuningan. Kemudian,  dalam waktu razia yang berlangsung ini dilakukan tidak lebih selama 120 menit.

"Titik operasi kita pindah pindah dan pelaksanaanya itu biasanya selama dua jam," ucapnya


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: A. Ripai
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive