Dompet Duafa Jabar Buka Layanan di Cirebon

KOTA CIREBON, (Fokuspantura.com),- Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jabar membuka Kantor Layanan Program di Kota Cirebon, Jawa Barat. Program layanan ini dibuka untuk memperluas manfaatan pendayagunaan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) di Jawa Barat bagian utara.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Kantor Layanan Program Dompet Dhuafa Jabar di Cirebon. Di tahun 2018 ini, kami fokus pada upaya memperluas area kebermanfaatan program untuk masyarakat dhuafa,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Udhi Tri Kurniawan saat peresmian kantor, di Jalan Pemuda Ruko Pemuda Estate Blok A4, Kota Cirebon, Selasa (15/5/2018)

Ia menambahkan, selain Cirebon, Dompet Dhuafa Jabar juga membuka kantor layanan di wilayah Tasikmalaya dan Sukabumi. Ketiga kantor layanan program tersebut, ditargetkan memiliki program unggulan sesuai karakter daerahnya.

“Setiap penaggung jawab kantor wilayah memiliki amanah membuat program yang memiliki kebermanfaatan yang luas sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah. Untuk saat ini di Cirebon kami menggulirkan program pemberdayaan untuk ibu-ibu yakni menjahit. Program yang lain sedang disusun dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.” terang Udhi dalam rilis yang diterima Fokuspantura.com.

Syiar Zakat

Kehadiran Kantor Layanan Progam Dompet Dhuafa Jabar di Cirebon tentu saja menjadi syiar terhadap zakat. Dengan begitu, masyarakat semakin tersadarkan soal kewajiban berzakat.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2016, penduduk miskin di Indonesia saat ini mencapai 27.8 juta orang atau 10,86 persen dari total jumlah penduduk. Di Jawa Barat, ada sekitar 4,2 juta penduduk miskin. Udhi menuturkan, mengentaskan kemiskinan sejatinya tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga seluruh komponen bangsa, termasuk masyarakat.

“Kami terus berikhtiar, sebagai lembaga zakat, mengajak publik untuk bersama-sama berkontribusi terhadap Indonesia dengan zakat, mengeluarkan kewajiban 2,5 persen dari penghasilan tiap bulan,” kata Udhi.

Publik di Kota Cirebon dapat menyalurkan zakat, infak, sedekah wakaf di Kantor Layanan Program Dompet Dhuafa Cirebon di Jalan Pemuda Ruko Pemuda Estate Blok A4,  Kota Cirebon. 

Seperti diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive