Jokowi Serahkan 3000 Sertifikat Tanah di Cirebon

Jokowi Serahkan 3000 Sertifikat Tanah di Cirebon

CIREBON,(Fokuspantura.com),- Presiden Joko Widodo menyerahkan secara langsung sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat wilayah 3 Cirebon di Function Hall, The Radiant Hotel, Desa Kondangsari, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Minggu, (11/3/2018) usai menghadiri acara pernikahan putra KH. Mustafa Aqiel Siraj di kempek Cirebon.

"Ada 3.000 sertifikat yang diserahkan kepada bapak/ibu semua. Jangan diturunkan dulu, mau saya hitung. Harus dihitung agar kelihatan semuanya," kata Presiden.

Sertifikat yang diserahkan oleh Presiden saart itu, terdiri atas 1.450 untuk masyarakat Kabupaten Cirebon, 50 untuk Kota Cirebon, dan 500 untuk masing-masing Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu.

Adapun sisa 6.810 sertifikat akan dibagikan kepada masyarakat penerima oleh Kantor Pertanahan kabupaten/kota masing-masing satu minggu setelah acara ini berlangsung.

Presiden melanjutkan bahwa penyerahan sertifikat ini penting supaya tidak ada lagi sengketa lahan.

“Setiap saya berkunjung ke wilayah wilayah banyak sekali terdengar di telinga saya, masalah sengketa tanah, sengketa lahan, baru selesai tahun lalu kita hanya baru menyelesaikan 51 Juta sertipikat, masih banyak PR untuk kita, tahun ini kita targetkan 7 Juta harus keluar

. Untuk Jawa Barat di tahun 2023 kita akan targetkan semua sertifikat agar sudah keluar semua,”tuturnya.

Presiden menilai sertifikat hak atas tanah ini harus segera diserahkan kepada masyarakat. Setiap tahun, Presiden menambahkan, hanya sekitar 500 ribu sertifikat yang diserahkan.

"Makanya saya minta Bapak Menteri yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional. Tahun lalu saya minta 5 juta sertifikat harus terbit. Tahun ini 7 juta. Tahun depan 9 juta," ujar Kepala Negara.

Presiden juga mengingatkan masyarakat yang menerima sertifikat supaya menjaga sertifikatnya dengan baik.

"Sertifikatnya dibungkus plastik. Supaya kalau rumahnya bocor tidak rusak. Kemudian difotokopi," sebut Presiden seperti keterangan pers dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (11/3/2018)

Presiden juga menitipkan kepada masyarakat untuk senantiasa rukun dan berdampingan jelang pesta demokrasi Pilkada serentak nanti.

“Saya titip dan berpesan jangan sampai bila kita berbeda pilihan, kita tidak rukun tidak bersaudara dan tidak rukun karena pesta demokrasi yang sebentar lagi akan kita hadapi.”pinta Jokowi.

Hadir pada acara tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo, Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Danrem 063/SGJ, Kol Inf Veri Sudijanto Sudin, Plt Walikota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufikkurohman M.Si. Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol inf Heri Rustanto, Kapolresta Cirebon, AKBP Adi Vivid Bahtiar, Danlanal Cirebon, Letkol Mar Yustinus Rudiman dan Danlanud Sukan, Letkol Nav Wahyu Bintoro.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Abdul Jaelani
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive