DPMD Indramayu Prediksi Pilwu Serentak Digelar Juni 2021

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah melakukan prediksi pelaksanaan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak untuk 171 desa pada bulan Juni 2021 mendatang.

Kepala DPMD Indramayu, Sugeng Heryanto, mengatakan, sudah menyusun perencanaan program pelaksananaan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak untuk 171 desa di Kabupaten Indramayu pada bulan Juni 2021. Mundurnya pelaksanaan Pilwu serentak tersebut, disebabkan adanya Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung serta berbarengan dengan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Menurutnya, langkah yang tengah dilakukan diantaranya, melakukan sosialisasi kepada para Camat, Kuwu dan BPD se-Kabupaten Indramayu serta Forkominda, guna mempersiapkan teknis pelaksanaan dan masukan- masukan yang menjadi pertimbangan DPMD dalam menyusun petunjuk pelaksanaan Pilwu serentak nanti.

“Kemarin kami sudah sosialisasikan kepada para Camat, nanti kita sampaikan juga kepada para kuwu-kuwu dan BPD.” Katanya kepada Fokuspantura.com dikantornya, Senin(22/6/2020).

BACA JUGA :  Pilwu Serentak 171 Desa Digelar Tahun 2020

Pertimbangan yang paling mendasar mundurnya pelaksanaan Pilwu serentak tersebut, menyangkut kesiapan anggaran yang menjadi beban APBD, karena saat ini anggaran daerah sedang difokuskan untuk penanganan Pandemi Covid-19 melalui refocusing secara menyeluruh. Maka pada saat pembahasan dengan Forkominda nanti salah satu agenda terpenting adalah kesiapan anggaran daerah.

Dikatakannya, pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, pihaknya tidak menginginkan adanya kejenuhan masyarakat terhadap pesta demokrasi, sehingga diupayakan oleh DPMD, agar persoalan Pilkada tersebut bisa tuntas hingga pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu baru hasil Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

“Bisa saja tahapan Pilwu mulai dilaksanakan pada awal Maret 2021 nanti, selama tiga bulan kedepan,” tuturnya.

Disinggung masa jabatan 171 kuwu yang berhenti pada Januari 2021 mendatang, sampai terpilihnya Kuwu baru, roda pemerintahan desa akan dijabat oleh penjabat kuwu sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“ Bupati Indramayu melalui Camat menetapkan pelaksana tugas Kuwu sampai terpilih kuwu definitif dari ASN yang ditunjuk, sudah tidak ada istilah lain,” tandasnya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive