Hampir Seluruh Pemukiman Desa Eretan Wetan Terendan Banjir Rob

Hampir Seluruh Pemukiman Desa Eretan Wetan Terendan Banjir Rob
INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Banjir rob yang  melanda wilayah pantai dengan posisi dataran rendah seperti pantai Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, menjadi agenda rutin masyarakat setempat guna mempersiapkan diri menghadapi datangnya air laut yang naik ke daratan. Namun peristiwa serupa yang berlangsung saat ini jauh lebih parah dimana air pasang (rob) telah menggenangi daratan di sepanjang pantai Indramayu mulai dari ujung barat yakni pantai Tanjung Pura Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra hingga ke ujung timur Kecamatan Krangkeng yang berbatasan dengan Kabupaten Cirebon. Dan bahkan  Desa Eretan Wetan dan Eretan Kulon Kecamatan di hari ke empat  ketinggian air hingga mencapai lebih dari 1 meter dan nyaris menggenagi semua pemukiman warga.
 
 
Dari pantauan Fokuspantura.com, ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter terjadi dihari ke empat, hal itu dapat dilihat di pelataran Masjid Al - Ikhlas Desa Eretan Wetan yang juga turut tergenang. Kendati begitu pihak BPBD Kabupaten Indramayu masih belum mengambil sikap apapun terhadap musibah yang dialami warga Desa Eretan Wetan.
 
 
"Dihari ke empat ini air mulai menggenangi pelataran Masjid Al Ikhlas sementara di pemukiman warga ketinggian air hingga mencapai lebih dari 1 meter," ujar salah satu warga Eretan Wetan, A.Na'im, Rabu (3/5/2020) malam.
 
 
Na'im juga mengatakan, banjir rob yang melanda warga Eretan Wetan kali ini permukaan air naik begitu tinggi, hingga nyaris menggenangi semua pemukiman warga, namun begitu pihak BPBD Kabupaten Indramayu belum melakukan peninjauan apalagi menyalurkan bantuan, meski dari hari kemarin sudah dilakukan komunikasi langsung dengan pihak BPBD tentang musibah yang melanda warga Desa Eretan Wetan.
 
 
"Dari kemarin saya sudah komunikasi langsung dengan salah satu pegawai BPBD Indramayu tentang musibah yang kami alami, namun hingga malam ini belum juga dilakukan peninjauan apalagi mengirimkan bantuan," terangnya.
 
 
Dia menambahkan, seharusnya pemerintah mengambil langkah  serius guna mencari solusi terbaik atas musibah yang kerap melanda masyarakat Eretan Wetan dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Kandanghaur, tentang banjir rob yang kerap melanda setiap bulan hingga tidak sedikit menimbulkan kerugian materil.
 
 
"Saya berharap pemerintah segera melakukan langkah kongkrit guna menanggulangi masalah banjir yang kerap melanda warga Eretan Wetan sehingga musibah tersebut tidak berlangsung terus menerus dan kehidupan warga kembali normal," imbuhnya.

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive