Masa Pandemi Covid-19, RU VI Balongan Salurkan Bantuan Mencapai Rp2 Miliar

Masa Pandemi Covid-19, RU VI Balongan Salurkan Bantuan Mencapai Rp2 Miliar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, telah menyalurkan bantuan sebesar Rp2 miliar lebih, selama pandemi Covid-19 dan Ramadhan 1441 H di wilayah Kabupaten  Indramayu.

Jumlah tersebut merupakan kolektif dari perusahaan serta organisasi yang ada di Pertamina RU VI Balongan diantaranya Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SPPBB), Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD), Persatuan Wanita Patra (PWP), Badan Dakwah Islam (BDI) RU VI dan Baituzzakah Pertamina (Bazma) RU VI Balongan.

DSC09287 copy 800x449

Bantuan disalurkan dalam kurun waktu Maret hingga Mei 2020 kepada instansi pelayanan publik seperti kantor kedinasan, RSUD Indramayu, Kantor Kecamatan, Kantor Desa, Puskesmas, Kantor Kepolisian, BPBD dan sebagian disalurkan langsung kepada masyarakat yang kurang mampu.

Dari nominal tersebut, bantuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Indramayu disalurkan dalam bentuk Wastafel Portable, Hand Sanitizer, Sprayer, Cairan Disinfektan, Spanduk Sosialisasi, APD (Alat Pelindung Diri) medis lengkap, masker kain, dan alat kesehatan lainnya.

CML 7343 Large copy 800x534

Selanjutnya, bantuan selama Ramadhan yang diserahkan langsung kepada masyarakat dilakukan dalam beberapa kegiatan, diantaranya melalui BAZMA RU VI yang menyalurkan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) berupa sembako dan santunan kepada 3.000 lebih Mustahik. Termasuk menyalurkan dalam bentuk Ifthar ke sejumlah Masjid, Mushollah dan rumah yatim atau panti oleh BDI RU VI Balongan.

Selain melakukan pendistribusian secara langsung, Pertamina RU VI Balongan juga berkolaborasi dengan Polres Indramayu dalam penyaluran 10 ton beras yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu dan terdampak wabah Covid-19.

CML 7152 Large copy 800x445

General Manager Pertamina RU VI Balongan Nur Qadim mengungkapkan, seluruh bantuan yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat yang tinggal disekitar wilayah operasi Kilang Balongan.

“Kami berharap keberadaan Kilang RU VI Balongan senantiasa bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, terlebih saat ini banyak warga yang terdampak Covid-19,” terang Nur Qadim.

Mewakili instansi kesehatan, Kepala Puskesmas Balongan Sohekah Nurdiani, menyambut baik sekaligus mengucapkan terima kasih atas bantuan APD yang diberikan Pertamina RU VI Balongan.

"Alhamdulillah Puskesmas Balongan mendapat bantuan Wastafel Portabel dan APD yang sangat kami butuhkan dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid 19,” ungkap wanita yang akrab disapa Neni tersebut.

CML 6729 Medium copy 800x534

Senada, Camat Balongan, Udi Mashudi, ketika menerima bantuan sarana cuci tangan dan Sprayer Disinfektan dari Pertamina RU VI Balongan, menyampaikan ungkapan yang sama, atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan RU VI Balongan.

"Mudah-mudahan bantuan dari RU VI bisa mencegah menjangkitnya wabah Corona di Kecamatan Balongan,” Ungkapnya.

Udi merasa bersyukur keberadaan Kilang Balongan banyak membantu warganya dengan berbagai santunan maupun pemberdayaan melalui program CSR yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Semoga program kepedulian lingkungan sekitar kilang, terus berkesinambungan,”pinta Udi.(Rilis/Adv)


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive