Lawan Covid-19, Warga Kodim 0616 Indramayu Donor Darah

Lawan Covid-19, Warga Kodim 0616 Indramayu Donor Darah

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu ditengah pandemi Covid-19 saat ini, harus tetap menyediakan stok darah yang dibutuhkan masyarakat. Melalui pundi - pundi transfusi yang ada, PMI Indramayu tanpa berhenti turun ke lapangan untuk mengantisipasi krisis ketersediaan darah.

Salah satu yang dilakukan PMI Indramayu adalah bekerja sama dengan Kodim 0616 Indramayu dengan menggelar donor darah di Makodim, Kamis(2/4/2020) kemarin.

"Terima kasih kepada Pak Dandim 0616 Indramayu ,  Letkol Czi Aji Sujiwo, beserta seluruh jajaran dan keluarga besarnya, yang telah menyikapi situasi krisis darah sebagai salah satu dampak menyebar nya virus covid -19," kata Pengurus PMI Indramayu, Trisula Baedi dalam postingan akun FB kemarin.

Menurutnya, dengan giat pelaksanaan donor darah di Makodim Indramayu, setidaknya bisa menenangkan cadangan kebutuhan darah bagi masyarakat yang sakit dan  membutuhkan transfusi darah untuk satu hingga dua hari kedepan.

"Semoga dapat di ikuti oleh institusi yang lain yang memungkinkan untuk  melaksanakan donor darah," katanya.

Pada kegiatan donor darah di Makodim Indramayu ini, Dandim Indramayu, memberlakukan protap dan SOP sesuai edaran Covid-19. dimana para pendonor pada kegiatan tersebut harus dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.

Jika SOP yang digunakan PMI pada giat Mobil Unit PMI dengan pendaftaran, timbang berat badan, tensi dan cek HB. Justru kegiatan donor darah di saat situasi pandemi corona diawali dengan penyemprotan disinfektan 2 sampai 3 jam sebelum donor, cuci tangan dengan hand sanitizer, daftar sekaligus survey rekam jejak pribadi, (isi formulir), cek temperatur /suhu badan dan baru masuk ke SOP biasa, bahkan setelah selesai donor di semprot ulang dengan disinfektan oleh para relawan  yang tergabung dalam TSR - PMI Indramayu.

"Alhamdulillah,  ditengah suasana sosial distancing, kami masih bisa melakukan kegiatan kemanusiaan, karena memang cadangan darah kami sudah terbatas," terangnya.

Sementara itu, dari hasil donor darah keluarga besar Kodim 0616 Indramayu, bisa memperoleh 107 labu. Sementara untuk memenuhi kebutuhan 10 RS di Indramayu, PMI Indtamayu harus menyediakan rata - rata perhari 50 sampai 60 labu.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive