Dodol Mangga Indramayu Sandang Rekor MURI

Dodol Mangga Indramayu Sandang Rekor MURI

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Mangga Gedong Gincu ciri khas buah asal Kabupaten Indramayu menorehkan prestasi di tahun 2019. Lewat sentuhan dan olahan para pelaku industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Indramayu, buah mangga gedong gincu diolah menjadi berbagai aneka produk. Salah satunya yakni olahan dodol mangga.

Karena kepiawaian dalam pembuatan dodol mangga gedong gincu, Pemkab Indramayu memfasilitasi para pelaku UMKM untuk berkreativitas dan berinovasi agar bisa berprestasi. Satu yang menjadi tekad kuat itu adalah pencatatan rekor dunia di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan membuat tulisan Hari Pangan Sedunia dari Rangkaian Dodol Mangga Indramayu pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (02/09/2019) yang dipusatkan di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu.

Penyerahan penghargaan Rekor MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI, Ariyani Siregar kepada Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Baca Juga : http://www.fokuspantura.com/swasembada/2953-indramayu-bakal-cetak-rekor-muri-dodol-mangga

Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, kegigihan pelaku UMKM dan juga Pemkab Indramayu dalam mengangkat kualitas mangga gedong gincu terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan inovasi olahan pangan berupa aneka produk olahan mangga.

Menurutnya, dengan telah dicatatnya prestasi itu, Taufik berharap agar mangga Indramayu semakin go public dan semakin banyak dicari oleh masyarakat.

Seperti diketahui, MURI yang didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa Jaya Suprana dan dukungan kelompok perusahaan JAMU JAGO secara sangat sederhana dan tanpa target yang muluk-muluk ternyata berhasil dikembangkan oleh Aylawati Sarwono dengan dukungan laskar pejuang yang terdiri dari para tatalaksanawan profesional yang tergabung di Institut Prestasi Nusantara hingga menjadi lembaga yang menyatupadu pada kehidupan masyarakat Indonesia yang bangga atas prestasi superlatif karsa dan karya peradaban dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Dalam catatan rilis http://muri.org/category/rekor/, Kabupaten Indramayu menjadi tuan rumah pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat dengan Nomor Rekor: 9207, Rekoris : Drs. H. Supendi, M.Si, Bupati Indramayu, Pelaksanaan di Kabupaten Indramayu, 2 Oktober 2019.

Kabupaten Indramayu sebagai penghasil mangga gedong gincu ingin memperkenalkan olahan jenis makanan berbahan buah, yaitu dodol mangga gedong gincu. Dodol mangga gedong gincu ini dibuat sepanjang 120 meter dengan membentuk tulisan Hari Pangan Sedunia ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dodol mangga ini dibuat dengan bahan baku 720 kilogram mangga varietas gedong gincu dan 92 kilogram gula pasir yang dikerjakan oleh 6 tenaga serta dicetak menggunakan alumunium sepanjang 1 meter.

 

 


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive