Kemenag Pastikan Embarkasi Haji Dibangun di Indramayu

Kemenag Pastikan Embarkasi Haji Dibangun di Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Sofandi memastikan lokasi bangunan Embarkasi Haji akan di pusatkan di Kabupaten Indramayu. Penegasan itu disampaikan menjawab informasi yang ramai diberitakan media dan tanggapan para netizen rencana pemindahan Embarkasi Haji di Kabupaten Majalengka.

"Besok pagi saya mengawal anggota DPRD Indramayu untuk bertemu Dirjen PHU Kemenag RI memastikan informasi yang beredar saat ini," Kata Sofandi ketika menghubungi Fokuspantura, Minggu(19/5/2019).

Dikatakannya, proses dan tahapan rencana pembangunan Embarkasi Haji sudah pada usulan proposal yang dibuat oleh Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat dan rencananya akan masuk APBN tahun 2020 nanti,  bahkan sebelumnya penyediaan lahan hibah dari Pemkab Indramayu seluas sekitar 7,8 hektar sudah di sertifikatkan melalui Kantor BPN Indramayu, survei dari Tim Kemenag RI serta Bappenas pun sudah dilakukan.

"Jadi yang menentukan itu kami dari Kementerian Agama bukan Pemprov Jabar, mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indramayu semoga usaha kita semua mendapat hasil yang maksimal," tutur Sofandi.

Keyakinan dirinya terhadap finalisasi lokasi Embarkasi di Kabupaten Indramayu adalah dengan adanya surat permohonan dari DPR RI melalui Kemenag Propinsi Jawa Barat untuk melakukan kunjungan lapangan bagi 11 lokasi yang akan dijadikan Embarkasi di seluruh Indonesia pada tahun 2020,  Kabupaten Indramayu salah satunya masuk dalam daftar inventaris usulan tersebut.

Disamping itu pula, penandatanganan MoU dengan Kemenag Pusat juga sudah dilakukan, dengan demikian tahapan yang sudah dilakukan sejak awal 2018 itu sudah pada tahap finalisasi, bahkan dalam kunjungan lapangan dari Bappenas dan Dirjen PHU Kemenag RI, lokasi Kabupaten Indramayu sangat strategis untuk dibangun Embarkasi Haji.

Ia menginginkan,  pembangunan Embarkasi Haji bisa dilakukan secara cepat, jika Pemprov Jabar bisa memberikan bantuan APBD  seperti Masjid atau Aula dengan memperhatikan site plan yang sudah disetujui oleh Kemenag RI.

Ia menegaskan, pada pekan kemarin pembahasan di Bandung terkait rencana fasilitas pemondokan sementara mengingat pelaksanaan pembangunan Embarkasi baru akan dilakukan pada tahun 2020. Ia berharap masyarakat Kabupaten Indramayu memahami kondisi yang berkembang saat ini dan diminta untuk mendukung langkah - langkah yang sedang dilakukan Kemenag Indramayu bersama Pemkab Indramayu atas ikhtiar hadirnya Embarkasi di Kabupaten Indramayu.

"Insyaallah rencana ini terus kami perjuangkan dan prosesnya masih berjalan," pungkas Sofandi.

Disoal tentang wacana akan pindah ke Kabupaten Majalengka, mantan Kepala Seksi Urusan Haji Kemenag Indramayu ini menyatakan tak secepat dan semudah dengan proses yang sudah dilakukan Kemenag Indramayu. Ia masih meyakini peluang untuk Kabupaten Indramayu masih besar berdasarkan hasil rapat yang terus dilakukan bersama Kemenag Propinsi dan Dirjen PHU Kemenag RI.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive