Bank Sampah CSR Pertamina RU VI Balongan Mubazir

Bank Sampah CSR Pertamina RU VI Balongan Mubazir

BALONGAN,(Fokuspantura.com),- Dua unit bangunan bank sampah anggaran yang diberikan PT.Pertamina RI VI Balongan lewat program Corporate Sosial Responsibyliti (CSR) ratusan juta rupiah untuk warga masyarakat Desa Sukareja, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu dinilai mubazir, pasalnya sejak dibangun hingga sekarang aktifitas bank sampah yang bertujuan untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat tak tercapai.

Pantauan Fokuspantura.com dilapangan, kondisi gedung bangunan yang diresmikan langsung oleh Setda Indramayu Ahmad Bachtiar pada tahun 2014 silam, kondisinya kini tutup dan seluruh alat - alat milih pengelola tidak berada di tempat produksi bahan bahan bekas. Bahkan anehnya, kondisi itu sudah disampaikan kepada management RU VI Balongan lewat fiar komunikasi tidak ada tindak lanjut dan terkesan diabaikan.

IMG 20190505 190004"Bantuan program bank sampah ada dua lokasi, tapi pada saat serah terima kondisinya sudah tidak jalan," tutur Kuwu Sukareja, H. Taspan saat ditemui dikediamannya.

Ia menyayangkan, aset bantuan BUMN tersebut tidak berdaya guna untuk memberikan kesejahteraan kepada warga masyarakatnya. Pasalnya program bantuan tersebut tidak diimbangi dengan permodalan secara tepat, sehingga berdampak pada target produksi dan pencapaian kinerja tidak sesuai harapan. Bahkan yang lebih menjadi fokus perhatian semua pihak, keberlangsungan program tersebut tidak diimbangi dengan monitoring, pembinaan dan evaluasi, sehingga program CSR dari Pertamina RU VI Balongan mubazir.

IMG20190505111620 800x600"Sekarang kondisinya sudah tidak bisa aktifitas dan anehnya tidak ada tindak lanjut,"tuturnya.

Ia berharap, kedua aset bangunan bank sampah tersebut bisa difungsikan kembali dengan restrukturisasi pengelola dan sistem pendayagunaan yang sesuai kondisi dilapangan, bukan hanya pencitraan semata atas perhatian BUMN kepada masyarakat sekitar kilang RU VI Balongan.

Sementara itu, Unit Manager, Komunication, Relation & CSR PT.Pertamina RU VI Balongan, Eko Kristiawan saat dikonfirmasi berdalih akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan atas kondisi aset bantuan CSR dari PT.Pertamina RU VI Balongan di wilayah ring I yang sudah tidak berfungsi, namun lagi-lagi informasi ke
beradaan dua bangunan bantuan CSR tak berfungsi yang disampaikan sejak Februari 2019 lalu, hingga berita ini ditulis belum ada tindakan nyata dari pihak Humas bahkan terkesan informasinya tersebut mengada - ada.

IMG20190505111608 800x600"Iya pak terima kasih atas infonya. Akan saya cek," tutur Eko dalam pesan WhatsApp pada 28 Februari 2019 lalu.

Terpisah, Ketua SPPBB PT.Pertamina RU VI Balongan, Tri Wahyudi mengaku siap memberikan informasi kepada jajaran pimpinan atas kondisi pemanfaatan program CSR untuk masyarakat Ring 1 RU VI Balongan jika pemanfaatannya tidak sesuai harapan yang diinginkan.

"Akan saya smpaikan dengan pimpinan tertinggi," tuturnya dalam pesan WhatsApp


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active