Kapolres Indramayu Pimpin Evakuasi Korban Banjir

Kapolres Indramayu Pimpin Evakuasi Korban Banjir

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kapolres Indramayu, AKBP Yoris MY Maulana langsung memimpin evakuasi korban terdampak banjir akibat luapan sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat, Senin(8/4/2019).

Upaya evakuasi warga  sejak pukul 15.50 wib ini,  dilakukam mengingat kondisi debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk terus meningkat sehingga dihawatirkan air yang sudah masuk ke wilayah pemukiman warga Desa Plumbon, Desa Dukuh, Desa Kenanga dan Desa Pakandangan Jaya dan Pekandangan itu berdampak buruk.

"Karena debit air  sungai Cimanuk semakin besar dan sudah masuk kedalam rumah warga,  sementara hari sudah mulai sore, maka kami menghimbau dan mengajak masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman yang sudah disediakan oleh Polres Indramayu dan BPBD Kabupaten Indramayu dilapangan Desa Plumbon," tuturnya dalam rilis yang diterima.

Target dan sasaran prioritas  evakuasi warga terdampak adalah warga yang sudah lanjut usia (lansia), ibu hamil serta seluruh warga terdampak. Kini mereka warga yang telah dievakuasi ditempatkan di tenda pengungsian di lapangan Desa Plumbon dengan penjagaan aparat gabungan TNI Polri

"Disiagakan 1 SST Dalmas Polres Indramayu dan 1 Regu Personil Kodim 0616 Indramayu di Posko Siaga Bencana," tuturnya.

Data sementara yang berhasil dihimpun akibat meningkatnya debit air hingga saat yang terdampak luapan banjir semakin meluas, ada sekitar 15 titik lokasi sepanjang DAS Cimanuk di Desa Plumbon, Desa Dukuh, Desa Kenanga, Desa Pakandangan dan Desa Jatibarang dengan jumlah rumah warga sekitar 2.100 unit.

"Hingga sore hari tidak ada korban luka maupun jiwa,"katanya.

Menurutnya, upaya dan tindakan yang  dilakukan jajaran bersama tim adalah mendirikan tenda pleton untuk tempat evakusi warga masyarakat, melaksanakan patroli antisipasi bocornya tanggul di titik yang lain dan adanya aksi pencurian akibat rumah warga yang sudah di evakuasi dan menghimbau kepada warga masyarakat terdampak untuk evakuasi ke Posko yang telah disediakan serta melakukan Gatur Lalin dan rekayasa jalan disekitar jalan umum terdampak banjir.

"Sampai saat ini kami bersama Waka, PJU Polres Indramayu, Kapolsek Jajaran Dandim 0616 dan PJU Kodim, Danramil kota, BPBD Kab Indramayu stand by di Posko siaga bencana," terang Yoris.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive