Wabup Supendi Resmikan Rumah Berdikari CSR Pertamina RU VI Balongan

Wabup Supendi Resmikan Rumah Berdikari CSR Pertamina RU VI Balongan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-  Industri Kreatif di Kabupaten Indramayu terus bermunculan seiring dengan terus menggeliatnya perekonomian masyarakat Indramayu.

Salah satu yang sedang berkembang dan menjadi perhatian Pemkab Indramayu dan juga Pertamina RU VI Balongan adalah Rumah Berdikari (Rukari) yang berada di Jl. Raya Pantai Song RT.03 RW 02 Blok Song Tengah Desa Karangsong Kecamatan/Kabupaten Indramayu.

Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si meresmikan penggunaan Rumah Berdikari sebagai tempat untuk mengkolaborasikan antara pengolahan makanan, jasa pariwisata dan pengenalan budaya menjadi satu kesatuan pembelajaran bagi masyarakat.

General Manager RU VI Balongan Afdal Martha menjelaskan, Rumah Berdikari ini membantu para pelaku bisnis untuk meningkatkan perekonomian melalui sector jasa pariwisata sehingga hal ini menjadi independent community.

“Rumah ini menjadi pusat oleh-oleh khas Indramayu yang berada dibawah binaan Pertamina RU VI Balongan mulai dari cemilan, makanan yang diolah dari mangrove dan cendera mata seperti miniatur perahu dan lainnya,” kata Martha.Selasa(25/4).

Dengan mengunjungi Rumah Berdikari, masyarakat akan menemukan beberapa aktivitas diantaranya ‘Waroeng Reang’ yaitu suatu kedai dimana hasil-hasil industry kreatif binaan RU VI Balongan dapat dipasarkan dan terbuka bagi siapapun. Saat ini sudahlebih dari 10 jenis hasil industry kreatif yang sudah dipasarkan mulai dari makanan, minuman, sampai handy craft.

Selain itu, di Rumah Berdikari juga masyarakat bisa melihat perpustakaan mini untuk menggali berbagai informasi tentang Indramayu khusunya bidang pariwisata dan juga disediakan workshop handy craft dan juga workshop olahan mangrove.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si menjelaskan, apa yang dilakukan oleh RU VI Balongan dan juga para penggagas Rumah Berdikari ini patut diapresiasi. Pasalnya dengan mengintegrasikan konsep wisata Mangrove yang sudah ada saat ini maka ini bisa menjadi satu kesatuan dan saling menguntungkan demi perkembangan wisata Indramayu.

Hal lain yang teramat penting adalah, Rumah Berdikari ini mampu menjadi rumah untuk tumbuh dan berkembangnya industry kreatif yang dipelopori para pemuda Indramayu untuk dapat mengangkat potensi Kabupaten Indramayu.

“Masyarakat yang akan berkunjung ke Mangrove bisa singgah terlebih dahulu ke rumah ini untuk menggali berbagai potensi. Dan ketika pulang maka untuk oleh-oleh bisa disediakan dari rumah ini,” tegas Wabup.

Dengan berkunjung ke Rumah Berdikari, lanjut wabup, masyarakat akan mendapatkan ilmu, belajar menjadi entrepreuneur, pengalaman mengolah makanan berbahan dasar mangrove, pengalaman membuat cinderamata, dan pengalaman mempelajari Indramayu. (Ihsan/FP)


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive