Puting Beliung Panguragan, 165 Rumah Rusak dan 1 Meninggal Dunia

Puting Beliung Panguragan, 165 Rumah Rusak dan 1 Meninggal Dunia

CIREBON, (Fokuspabtura.com),- Peristiwa angin puting beliung yang terjadi di Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Minggu Sore(30/12/2018) sekitar pukul 16.15 wib,  menyebabkan 165 dan 2 musolah rumah rusak berat. Sementara untuk korban meninggal dunia 1 orang atas nama Herdi(3 tahun), korban luka-luka 10 orang dan 2 orang depresi.

Kepala BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendar mengatakan peristiwa puting beliung yang terjadi di Desa Panguragan Kulon datang secara tiba-tiba, saat kondisi cuaca berawan angin kencang menyapu wilayah tersebut hingga menyebabkan ratusan rumah rusak.

“Selain itu, ada 8 orang mengalami luka ringan dan ada satu ibu-ibu yang terkena asma saat puting beliung terjadi. Yang luka ringan berobat di Puskesmas Pengurangan,” ujarnya kepada wartawan.

Ia menyampaikan kronologis angin besar itu  menerpa warga Panguragan Kulon sekitar pukul 15.30 wib. Angin datang dari arah barat dan menyapu persawahan. Tak lama, angin mulai mendekati pemukiman, dua rumah langsung hancur, salah satunya rumah orang tua Herdi. Kemudian, angin menyapu empat blok di Desa Panguragan Kulon tersebut. Namun yang terparah adalah Blok Karangmoncol. Puting beliung ini hanya terjadi selama 15 menit.

“Desa Kalianyar pun terkena dampak tapi tidak separah di Desa Panguragan Kulon,” katanya.

Upaya Penanganan yang sudah dilakukan usai kejadian adalah melakukakan pendataan terdampak disekitar lokasi kejadian, berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat , Dinas Kesehatan, Polsek , Koramil, Basarnas, PMI Kab Cirebon dan PLN.

"BPBD dalam hal ini terus menghimbau pada masyarakat apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya dapat menghubungi call center (0231) 8309887,"terangnya.

Sementara itu, ditempat terpisah wilayah perbatasan Cirebon Indramayu tepatnya di Desa Candangpinggan dan Gunungsari, Kecamatan Sukagumiwang, terkena dampak dari peristiwa angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Cirebon.

Informasi yang diperoleh, diwilayah Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu, Jawa Barat, terdapat 9 rumah yang terkena angin puting beliung yakni di Desa Gunungsari 6 rumah dan Desa  trus Cadangpinggan ada 3 rumah.

"Rumah ambruk tidak ada, hanya kerusakan ringan genteng terbang dan beberapa pohon tumbang,"ungkap Camat Sukagumiwang, Budi Setiawan saat dikonfirmasi.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive