SMKN I Patrol Akan Kembangkan Teknologi Mesin Berbasis Komputer

SMKN I Patrol Akan Kembangkan Teknologi Mesin Berbasis Komputer
PATROL, (Fokuspantura.com),- Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) Negeri l Patrol, dalam waktu dekat akan memiliki instrumen praktikum siswa berupa satu unit mesin yang pengoperasiannya dikontrol dengan sistem komputer yakni Computer Numerical Control (Komputer Kontrol Numerik)  atau lebih dekat dengan sebutan mesin CNC, yang direalisasikan melalui program Link and Mach Kementrian Perindustrian tahun 2019.
 
Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pihak SMKN I Patrol pada tanggal 17 September 2019 yang kemudian dilanjutkan dengan survey lokasi skaligus verifikiasi kesiapan tempat Kamis (31/10/2019), oleh Staf Kementrian Perindustrian, Yoga bersama Tim Verifikator, Asep Rukmana, lebih meyakinkan pihak sekolah akan realisasi bantuan fasilitas praktikum siswa dengan nilai kisaran 600 jutaan sebagai bukti pendukung atas kesiapan pengembangan mutu pendidikan dibidang Teknik Permesinan (TPM) dengan orientasi mesin produksi.
 
"MoU pada bulan lalu di gedung Kementrian Perindustrian untuk tempat sudah kami sediakan berikut suport ketersediaan listrik dengan kapasitas 5,6 MW atau setara dengan 56 ribu watt," ujar Kepala Sekolah SMKN I Patrol, H. Hadi Mulyonon, SPd, MM, diruang kerjanya, kemarin.
 
Dikatakannya, alsan yang disampaikan tim survey dan verifikatir digelontorkannya bantuan tersebut kepada SMKN I Patrol adalah tingginya animo masyarakat untuk memilih Prodi TPM disekolahnya dibandingkan dengan prodi lain yang ada di SMKN I Patrol sesuai data siswa dengan capaian  400 siswa untuk tiga tingkatan yakni kelas X, Xl dan Xll, disamping itu pihaknya sudah menjalin kerjasama dibidang industri dengan beberapa perusahaan baik pada penyelenggaraan prakerin serta  penyaluran para alumni untuk bekerja pada perusahaan industri, juga menjadi salah satu alasan yang kuat diluncurkannya bantuan CNC melalui pogram Link and Mach antara SMK dan Industri.
 
"Animo masyarakat untuk memilih Prodi TPM cukup tinggi ditambah lagi adanya kerjasama antara SMKN I Patrol dengan berbagai perusahaan baik kegiatan prakerin dan penyaluran alumni menjadi salah satu persyaratan diluncurkannya program Link and Mach dengan realisasi mesin CNC dari Kementrian Perindustrian," terangnya.
 
Sementara, Kaprodi TPM SMKN I Patrol, Rusdi, S.ST, mengatakan, mesin CNC dengan jenis Turning yang akan diterima SMK merupakan mesin produksi berbasis komputer dinilai potensial untuk mendongkrak pengetahuan siswa dibidang teknologi industri termasuk penyiapan tenaga operator yang handal, mengingat tidak jarang perusahaan industri yang menggunakan teknologi CNC tersebut sebagai alat control pengoperasian mesin.
 
Sedangkan, lanjut Rusdi, untuk tenaga ahli sebagai guru pembimbing, sudah tersedia empat orang guru yang telah mendapatkan pelatihan dengan penyelenggara, PT. Formusa Tanggerang, PT. Dirgantara Indonesia (DI) Bandung serta Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Otomotif dan Elektro (BOE) Malang Jatim.
 
"Selain ketersediaan listrik yang cukup dan tempat yang dinilai layak, SMKN I Patrol sudah memiliki 4 tenaga penididik yang sudah mendapatkan pelatihan CNC dan bersertifikat," ungkapnya.
 

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive