EdukasiTugu Gagak Winangsih Patrol Diperhatikan Pelajar Juara Wirautama

Tugu Gagak Winangsih Patrol Diperhatikan Pelajar Juara Wirautama

PATROL, (Fokuspantura.com),- Icon Kabupaten Indramayu, Tugu Gagak Winangsih (TGW) yang terletak di Desa Sumuradem Timur Kecamatan Sukra tepatnya berbatasan dengan Kecamatan Patrol, kembali mendapat perhatian publik, kali ini para pelajar dari SMP dan SMA Juara Wirautama Patrol, melakukan bersih – bersih areal TGW dari rumput liar dan sampah serta coretan tinta yang mengotori badan tugu tersebut, Rabu (9/10/2019).
 
Hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Parol, Kompol H. Mashudi beserta sejumlah anggota kepolisian Polsek Patrol.
 
“Kegiatan yang dilangsungkan siang hari mulai pukul 14.00 hingga sore tersebut, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) Indramayu ke 492,” ujar Wakasek Kesiswaan atau Pembina Osis SMP, SMA Juara Wirautama Patrol, Enda Gunawan, disela – sela kegiatan.
 
Dikatakannya, TGW sebagai lambang kebesaran Indramayu keberadaan harus terjaga, terawat dan terpelihara dengan baik karena TGW itu sendiri symbol Dermayu (sebutan Indramayu zaman dulu) sejak tahun 1750 an masih berupa Kademangan atau Pedukuhan Cimanuk,  Gagak Winangsih sudah dijadikan lambang suatu daerah yang hingga sekarang masih dijadikan symbol kebanggan “wong dermayu” dan diabadikan berupa monumen dengan sebutan Tugu Gagak Winangsih (TGW).
 
“Ini adalah bagian pembelajaran terhadap pelajar tentang menjaga kebersihan bukan hanya diareal tugu saja melainkan dilingkungan manapun,” terangnya.
 
Ditempat yang sama, Kapolsek Patrol, Kompol H. Mashudi, mengatakan, kegiatan semacam ini bukan hanya menjaga kebersihan TGW saja akan tetapi yang terpenting adalah memperkenalkan kepada para pelajar tentang sejarah Indramayu dan turut melestarikan icon dermayu, sehingga dengan begitu akan tertanam kecintaan terhadap tanah kelahiran guna menjaga kehidupan berbangsa dengan azas Bhineka Tunggal Ika.
 
“Melalui moment bersih – bersih ini, para pelajar selain menjaga kelestarian lingkungan, juga memberikan pemahaman tentang sejarah Indramayu dengan icon Gagak Winangsih dengan tetap menjaga kehidupan berbangsa yang ber Bhineka Tunggal Ika,” tutur Mashudi. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
ads

Baca Juga
Related

Jelang Lebaran, PT AMR Bagi-Bagi Bingkisan

KANDANGHAUR, (Fokuspantura.com),- Memasuki minggu terakhir bulan ramadhan, PT. Alumunium...

PDI Perjuangan Indramayu Bantu APD Dua RSUD

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- DPC PDIP Kabupaten Indramayu menyerahkan bantuan Alat Pelindung...

Delapan Tahun Tak Digaji, TKW Asal Majalengka Akhirnya Bisa Pulang

MAJALENGKA,(Fokuspantura.com),- Tirah (36) TKI asal Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten...

Tiba di Batam, Ketum SMSI Pusat Dipakaikan Tanjak Melayu

  BATAM, (Fokuspantura.com),- Dalam rangka menghadiri sekaligus membuka Rapat Pimpinan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu