480 Mahasiswa Universitas Panca Sakti Tegal Akhiri Masa KKN

480 Mahasiswa Universitas Panca Sakti Tegal Akhiri Masa KKN

SLAWI,(Fokuspantura.com),-  Sebanyak 480 mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal mengakhiri pengabdiannya di Kabupaten Tegal dengan Expo Kuliah Kerja Nyata(KKN). Acara ini diadakan di Taman Rakyat Slawi Ayu pada Rabu (4/9/2019), menyuguhkan berbagai produk inovatif. seperti makanan, kerajinan, pupuk. Salah satunya adalah hasil olahan yang terbuat dari bahan jagung antara lain : susu, kopi, masker, berbagai kerajinan dari kulit dan bonggol jagung. Bahkan yang menarik dalam Expo kali ini adalah pupuk ternak dan pelet ikan yang terbuat dari bonggol jagung. tersebut, merupakan hasil program dari 48 Desa di empat Kecamatan.

Selain olahan jagung, mahasiswa juga membuat kerajinan yang terbuat dari botol dan koran bekas. Misalnya saja sandal dalam rumah, tempat tisu, tempat majalah, dan sejenisnya. Acara yang bertemakan "Harmonisasi Mahasiswa Bersama Masyarakat Melalui Kolektivitas Kearifan Lokal Kabupaten Tegal", bertujuan untuk mengenalkan dan memaparkan masyarakat mengenai produk olahan dari berbagai desa pendampingan di Kabupaten Tegal. Agar dapat dikembangkan, selain itu dapat menjadi daya tarik yang dapat dikembangkan lagi.

Bupati Tegal, Umi Azizah yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada mahasiswa serta para pendamping KKN UPS Tegal. “Dari pengabdian adik-adik KKN ini aan terbangun pola pikir masyarakat yang lebih mandiri, maju, sekaligus sebagai masyarakat pembangun yang sesuai dengan visi-misi Kabupaten Tegal” tambahnya. Selanjutnya dirinya juga menyampaikan kepada para mahasiswa agar dapat mengambil manfaat dari perjuangan dan pengalamannya selama melaksanakan kegiatan KKN.

Sementara itu, Ketua Panitia Dimas Adi Perdana Putra menyampaikan mereka telah mengabdikan diri selama ± empat puluh lima hari, terhitung dari 22 Juli – 5 September 2019 untuk masyarakat desa pendampingan yang ada di Kabupaten Tegal. Empat kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Kedung Banteng, Suradadi, Kramat, dan Slawi.

Pada Akhir acara, Umi berkeliling mengunjungi setiap stand yang menyediakan berbagai produk olahan tersebut. Tidak hanya berkeliling, ia juga membawa beberapa kerajinan yang menarik sebagi kenang-kenangan.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Chaerul Azmi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive