Siswa SMK N 1 Adiwerna - Tegal Ciptakan Mobil Gokart

Siswa SMK N 1 Adiwerna - Tegal Ciptakan Mobil Gokart

SLAWI,(Fokuspantura.com),-  Sejumlah hasil karya anak bangsa yang dibuat siswa - siswi SMKN 1 Adiwerna, Kabupaten Tegal, pukau rombongan Kementerian PPN / Bappenas. Hal ini dibuktikan saat Deputi Bidang Pemantauan Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas Taufik Hanafi mencoba menaiki Abd Kart atau mobil gokart karya siswa-siswi sekolah kejuruan itu, di Ruang Pameran SMKN 1 Adiwerna, Rabu (4/9/2019).

“Saya sangat mengapresiasi hasil karya anak-anak SMKN 1 Adiwerna ini, karena mampu menciptakan karya yang luar biasa. Sehingga nantinya, ketika lulus sudah memiliki segudang ilmu dan dapat terserap lapangan kerja,” tutur Taufik.

Ditanya soal kunjungannya, Taufik menjelaskan bahwa Kabupaten Tegal merupakan salah satu dari sembilan daerah yang menerima Penghargaan Pembangunan Daerah pada 2018. Sehingga dirinya bermaksud mengunjungi beberapa sentra industri dan SMKN 1 Adiwerna yang berada di Kabupaten Tegal. 

“Salah satu elemen penting dalam inovasi pembangunan daerah adalah SDM. Di dalam SDM itu sendiri komponennya ada dari bidang pendidikan yaitu sekolah vokasi, salah satunya SMKN 1 Adiwerna ini,” kata pria berkacamata itu.

Sebagai sekolah center of excellence di Kabupaten Tegal, lanjut Taufik, SMKN 1 Adiwerna tidak hanya bersaing di bidang akademik tetapi mampu bersaing dengan menghasilkan berbagai karya nyata seperti mobil gokart, menciptakan papan led, maket sampai instalasi kelistrikan. 

Sejalan dengan itu, Bupati Tegal Umi Azizah mengungkapkan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tegal selama lima tahun kedepan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui efektivitas pelayanan publik didukung penyediaan infrastruktur yang mantap dan penguatan daya saing ekonomi daerah. 

“Beberapa strategi pembangunannya meliputi strategi pembangunan manusia cerdas seperti mendorong pengembangan pendidikan kejuruan atau vokasi di tingkat SLTA bahkan Politeknik,” ujar Umi.

Disamping itu, pada strategi pembangunan manusia produktif dilakukan dengan cara mengoptimalkan fungsi layanan unit pengembangan SDM ekonomi bisnis, seperti Co-working space, Balai Latihan Kerja, Welding Center, Balai Penyuluh Pertanian, Klinik Pertanian dan Taman Teknologi Pertanian.

Pada kunjungan Bappenas tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, Kepala Bappeda Kabupaten Tegal Suharmanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Subagyo.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Dasuki Raswadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive