Waspada Unggah Data Pribadi Lewat Online

Waspada Unggah Data Pribadi Lewat Online

SLAWI, (Fokuspantura.com),- Diskominfo Kabupaten Tegal mengadakan sosialisasi pentingnya keamanan data pribadi melalui Bimtek Internet Sehat dan Aman, Rabu (4/9/2019) di Gedung Yaumi, Kabupaten Tegal.

Kegiatan tersebut menggandeng Relawan TIK Kabupaten Tegal dan Komunitas Tegal Cyber Security, guna memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kerahasiaan di era digital khususnya data pribadi. Acara yang dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Fadjar Rokhwidi didampingi Kepala Diskominfo Dessy Arifianto itu menyusul maraknya pencatutan data pribadi untuk pinjaman online dengan aplikasi dari medsos dan smartphone.

“Dengan bimtek ini harapanya mampu membuka wawasan serta memberi pemahaman lebih baik terkait penggunaan internet, juga menghindarkan dan melindungi keamanan data dan anak-anak kita dari dampak negatifnya,” kata Fajar membacakan sambutan Bupati Tegal.

Ia menggambarkan, di era disrupsi antar individu sudah saling terhubung melalui platform media sosial, sehingga kebutuhan akan akses internet menjadi kebutuhan pokok. Namun dibalik itu dampak media sosial sangat dahsyat, ini terbukti mampu mem-framing sebuah peristiwa di Surabaya untuk membakar amarah masyarakat Papua sehingga berkembang menjadi tuntutan berpisah dari NKRI.

Terakhir Fajar berpesan, waktu luang anak harus diisi dengan kegiatan kreatif dan inovatif, seperti kegiatan seni budaya. Orang tua harus tanamkan perangkat pengaman akses pada gawai pintar anak-anak, disamping mengedukasi mereka pada informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Tegal, Dessy Arifianto mengingatkan kepada masyarakat agar jangan ceroboh mengunggah data pribadi, terutama KTP dan KK. Karena menurutnya, dengan dua hal itu sudah bisa mencairkan pinjaman online. Namun akan berdampak negatif bagi kerahasiaan data pribadi yang dimiliki.

“Kalo tidak digunakan untuk itu pun data tersebut masih bisa dijual.” pungkas Desi.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Dasuki Raswadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive