EdukasiWaspadai Infeksi Virus Hepatitis A

Waspadai Infeksi Virus Hepatitis A

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pemkab Pacitan menetapkan status KLB pada wabah hepatitis A. Status tersebut muncul setelah ratusan warga Pacitan, Jawa Timur, terjangkit penyakit yang menyerang organ hati tersebut.

Data per 30 Juni 2019 lalu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Kohar Hari Santoso mengatakan jumlah pasien mencapai 957 orang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pacitan, yakni di Sudimoro dengan 527 orang, Ngadirojo 176 orang, Sukorejo 82 orang, Tulakan 69 orang, Wonokarto 54 orang, Arjosari 33 orang, Bubakan 25 orang, Tegalombo 5 orang dan Ketrowonojoyo 4 orang.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menduga air minum tercemar jadi sumber penularan penyakit hepatitis A di Pacitan. 

Pemerhati Kesehatan Kabupaten Indramayu, Masludi mengatakan infeksi Hepatitis A merupakan infeksi yang endemis di masyarakat, bahkan jumlah kasus itu akan meningkat diakhir musim kemarau dan dimasa awal musim hujan seperti saat ini.

Menurutnya, Hepatitis A adalah infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A, ditularkan melalui makanan dan minuman dan juga melalui kontak langsung. Selain itu hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab tertular Hepatitis A jika melakukan seksual secara anal atau oral.

“Virus ini terdapat pada feses pasien yang terinfeksi, oleh karena itu makanan dan minuman menjadi media utama penyebab penularan infeksi ini,”tuturnya dalam rilis yang diterima Fokuspantura.com.

Ia menjelaskan, kasus hepatitis A yang menyebabkan KLB, biasanya berhubungan dengan makanan atau minuman yang tercemar. Karena sebenarnya tidak mudah untuk tertular dari satu orang ke orang lain yang hanya bertemu di kampus.

“Pasien dengan hepatitis A, biasanya datang sudah kuning dan BAK seperti air teh. Gejala yang timbul bisa ringan sampai berat bahkan jika terjadi hepatitis fulminan akibat virus hepatitis A ini dapat menyebabkan kematian.” Terang sosok yang bekerja di RS Polri Semarang ini.

Ia menjelaskan, sebelumnya pasien mengalami common cold, seperti orang yang mengalami gejala flu, sakit2 badan, mual dan kadang disertai muntah, nafsu makan menurun dan lemas. Pasien juga merasakan nyeri di perut kanan atas karena memang pasien dengan infeksi hepatitis A yang meradang adalah livernya yang sebagian besar berada di perut kanan atas.

Menurutnya, pemeriksaan laboratorium menunjukkan peningkatan kadar bilirubin dan peningkatan yang tinggi dari SGOT dan SGPT. Pemeriksaan antibodi terhadap virus hepatitis A (anti HAV) yang memastikan bahwa seseorang tersebut terjangkit infeksi hepatitis A.

“Masa inkubasi yaitu masa masuknya penyakit sampai timbul gejala berlangsung antara 2-6 minggu.”imbuhnya.

Penyakit ini bisa sembuh total dan yang penting pasien harus istirahat total. Obat-obat yang diberikan sifatnya hanya menghilangkan gejala yang muncul misal, jika diare diberikan obat anti diare, kalau mual diberikan anti mual jika demam diberikan obat anti demam jika lemas diberikan vitamin dan asupan makannya diperhaikan. Obat suplemen hati kadang kala diberikan untuk mengurangi peradangan hati yang terjadi. Pasien memang perlu diisolasi dan jangan tidur sekamar dengan orang sehat, di RS pun biasanya pasien tidur hanyak sendiri di kamar dan dipisah dengan pasien lain.

“Sebagian pasien memang tidak perlu dirawat tetapi jika pasien mengalami mual dan muntah dan tidak mau makan sebaiknya memang dirawat untuk mendapat infus cairan dan makanan,”tuturnya.

Ia menjelaskan, Hepatitis virus A tidak bisa menjadi hepatitis B. Karena memang virus penyebabnya berbeda. Oleh karena itu kalau pernah divaksinasi oleh vaksin hepatitis B tidak berarti juga sudah terlindungi dari infeksi virus hepatitis A. Tetapi bisa saja dalam satu kasus pasien mengalami 2 macam infeksi yaitu infeksi virus B dan juga hepatitis virus A.

Pencegahan yang terpenting adalah hidup sehat dengan makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet, apalagi penyakit ini tertular melalui makanan dan minuman.

“Khusus untuk yang mengurus orang sakit dengan hepatitis A harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik kalau perlu dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral. Vaksinasi hepatitis virus A sebaiknya diberikan bagi orang yang memang akan berkunjung pada daerah yang sedang terjangkit KLB atau wabah 2 minggu sebelum berada di lokasi terjadinya KLB.”pungkasnya.

ads

Baca Juga
Related

Wakil Bupati Garut Jenguk Pimpinan Pospes Al Hidayah

BANDUNG,(Fokuspantura.com),- Wakil Bupati Garut dr.Helmi Budiman menjenguk langsung Pimpinan...

Balobup M.Lutfi Ragukan Hasil Survei Sunjaya

CIREBON,(Fokuspantura.com),- Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon, Muhammad Lutfi menanggapi...

Ibu dan Anak Meregang Nyawa Saat Persalinan, Ini Respons Bupati Indramayu

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Peristiwa meninggalnya ibu berserta buah hati saat...

Aleg Komisi I DPRD Jabar, Muhammad Sidkon, Dukung Pemekaran Kabupaten Cirebon Timur

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),-  Anggota Komisi l DPRD Propinsi Jawa Barat,...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu