Tentang Fokus Pantura

Tentang Fokus Pantura

Sejak ditemukannya internet, yang memungkinkan publik mengakses informasi disetiap penjuru dunia, saat itu pula, terjadi perubahan tren terhadap pola pemenuhan kebutuhan informasi baik berupa studi literasi, sekarang ada tambahan studi, yang memanfaatkan pencarian online, terupdate, lebih cepat, merupakan keunggulan utama dari pencarian online. Satu-satunya titik lemah dari online adalah, sistem kearsipan yang belum terencana dengan baik. Hal itu, terjadi Karena berbagai faktor, mulai dari permasalahan internal, seperti server hosting yang mengalami gangguan juga dari pihak eksternal, terutama dari sistem kerja situs pencarian yang merubah algoritmanya. Sehingga, terkadang, tautan dari sebuah informasi, hilang begitu saja ketika kita butuhkan lagi. Kalaupun masih ada, naskah itu bisa saja, secara sepihak dihilangkan oleh penyedia konten. Sehingga, untuk bisa menjadi partner dalam hal informasi publik yang tersaji dalam dua arah, maka, perlu juga ada media cetak, hal mana menjadi solusi tersendiri terhadap kelemahan media online. Pada sisi yang lain media online juga menjadi solusi dari kelemahan media cetak, yaitu mudah diakses kapanpun dan dimanapun.

Pantai Utara (Pantura), dengan segala keunggulannya, dipandang perlu adanya banyak kajian, sehingga bisa menggali segala potensi yang sudah ada. Akses, hilir dan mudik publik, merupakan keunggulan utama yang menjadikan wilayah ini menjadi wilayah yang selalu dicari infomasinya oleh seluruh masyarakat se Indonesia bahkan mancanegara. Karena aspek tersebut, sering sekali menjadikan wilayah ini sebagai sasaran bagi destinasi ekonomi. Info terkini saja, sejak adanya pembangunan tol Cipali, ada sekitar 1500 hotel lahir diwilayah Cirebon, Kuningan, Majalengka, hal mana menunjukkan, ada keterkaitan antara sisi utama Pantura sebagai jalur hilir mudik terpadat, dengan destinasi ekonomi. Dan, dari hal itu, maka dipandang perlu adanya gerakan masa yang fokus, yang bisa menyuarakan aspirasi yang ada dipantura, agar lebih banyak lagi potensi yang lebih tergali. “Suara Rakyat Pantura”, hal mana didalamnya bisa dijadikan representasi dari aspirasi seluruh rakyat pantura, dipandang bisa menjadi aset tersendiri bagi kepentingan ekonomi, politik, hukum serta kebijakan yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Aspek seni dan budaya yang ada di pantai utara jawa, menjadi destinasi tersendiri bagi masyarakat yang ada disekitarnya. Banyak grup-grup seni yang sudah menasional, bahkan, tidak jarang melakukan roadshow ke manca negara. Walau memang, diantara sekian banyak prestasi itu, ada beberapa budaya lokal yang mulai ditinggalkan, sehingga, dipandang perlu adanya fokus tersendiri terhadap masalah ini.

Dari Segi Ekonomi sendiri, banyak hal yang bisa dicapai oleh pantura, Karena letak strategisnya berada dekat dengan kawasan industri, bahkan, kini banyak investor asing, mulai dari Taiwan, China yang sudah “melirik” Pantura, sebagai tujuan investasinya.

Dari sisi karakteristik warga pantura, ada sesuatu yang unik dari pantura, hal mana merupakan suatu wilayah yang “berbeda” diantara wilayah lain di Jawa Barat. Sehingga, ada wacana dari pihak-pihak tertentu yang memandang ini sebagai potensi dalam rangka pemekaran wilayah menjadi sebuah propinsi tersendiri. Yang memungkinkan, bisa melahirkan kebijakan politik yang bisa menguntungkan dengan karakteristik warga pantura. Disisi inilah, fokuspantura, dipandang mampu selaras dalam pengawalan itu.

Fokuspantura.com, sebuah solusi masyarakat untuk menemukan informasi, data dan problem kekinian yang bukan hanya dijadikan reverensi publik, tetapi mengawal menuju kesejahteraan masyarakat. Sehingga hadirnya ditengah-tengah publik benar-benar memiliki arti khususnya masyarakat Kabupaten Karawang, Subang, Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kuningan dan Majalengka serta umunya bangsa Indonesia.

Salam Redaksi.


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive